Rabu, 19 September 2007

THE POWER OF IIX

Pendahuluan.

Selama ini kita sering hanya mengenal bahwa kebutuhan akses IIX (
Indonesian Internet Exchange ) digunakan untuk melayani kebutuhan Game
Online atau MPG ( Multiplayer Game Online )

Padahal masih banyak kebutuhan lain diantaranya adalah :

1.Nation Building ( Mempersatukan Bangsa dan Negara Indonesia ) melalui
akses komunikasi data dan voice cepat dan terpercaya.
2.Software Application Database.
3.Informasi Real Time Stock Market
4.VOIP ( Voice Over Internet Protocol )
5.Video Conferencing
6.Perbankan

Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :


I.Nation Building

Membangun kesatuan dan persatuan bangsa dan negara diperlukan kecepatan
arus informasi dan komunikasi yang dapat diandalkan dan ber basis IP (
Internet Protocol ). Karena dengan berbasis IP, maka banyak yang dapat
dilakukan, yaitu selain data juga voice dan visual.

Sistem informasi kependudukan, dan data layanan masyarakat lain nya dapat
dihubungkan dan di deliver langsung kepada pusat, dan memberikan informasi
data mining yang tepat untuk para eksekutif pemerintahan mengambil
keputusan yang tepat.

Maka sasaran pasar dari wilayah ini adalah, pemerintah daerah, dinas
instansi, bumn dan layanan publik lain nya, supaya dapat makin
meningkatkan layanan demi kesejahteraan rakyat.

II.Software Application Database

Saat ini perusahaan yang telah menerapkan MRP ( Management Resources
Planning ) bahkan ERP ( Enterprises Resources Planning ) telah meng
komunikasi kan data nya antar cabang, baik yang berdekatan maupun yang
berjauhan, dan rata rata aplikasinya pun telah berbasis IP.

Front end software dapat menggunakan beberapa jenis pilihan, dan database
backend nya akan melalui lalu lintas komunikasi data yang reliable.

Maka sasaran pasar dari wilayah ini adalah; perusahaan multinasional yang
telah menerapkan sistem online database antar kantor pusat dan berberapa
cabang nya.

Dapat pula target pasarnya adalah perusahaan integrator yang meng
aplikasikan software import sebagaimana misal SAP, Oracle Application,
PeopleSoft dan JD Edwards.

Serta pula tidak ketinggalan perusahaan software development yang
membangun aplikasinya in house dan di deliver kepada customer nya
langsung.


III.Informasi Real Time Stock Market

Perdagangan saham baik konvensional maupun derivatives nya di futures
serta pula perdagangan valuta asing, membutuhkan data informasi real time
yang tepat dan sangat akurat.

Dan perusahaan ASP ( Application Service Provider ) yang berkedudukan di
Jakarta, maupun BEJ Bursa Efek Jakarta, memerlukan komunikasi data menuju
perusahaan sekuritas dan futures di Surabaya, agar dapat menampilkan
informasi data real time secara tepat dan akurat. Yang akan menentukan
para trader mengambil keputusan yang tepat dalam perdagangan.

BAPPEBTI sebagai Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi saat ini
mulai menerapkan aturan on line trading kepada perusahaan futures, dan
memberi keleluasaan investor untuk melakukan trading sendiri dengan adanya
bantuan teknologi informasi.

Teknologi ini yang berbasis IP juga merupakan target pasar dari penjualan
akses IIX serta layanan tambahan nya.

Sebagai misal, beberapa perusahaan futures telah menerapkan online trading
menggunakan software online pihak ketiga semisal Meta Trader (MT4) yang
masih berlokasi di server luar negeri.

Jika misalnya server ini berlokasi dedicated/colocation di IIX, maka
seluruh cabang perusahaan futures di Indonesia hanya memerlukan akses IIX
sebagai penghubung nya.


IV.VOIP ( Voice Over Internet Protocol )

Selama ini kita mengenal VOIP hanya sebagai akses telephone murah ke luar
negeri. Padahal dengan VOIP dapat pula kita berdayakan akses berdikari
voice untuk me reduksi beban cost/ pengeluaran.

VOIP terbagi menjadi dua, yaitu ; Originasi dan Terminasi.

Dalam skema Originasi, server yang tersambung dengan SIP ( Session
Initiation Protocol ) server ke luar negeri berlokasi colocation/dedicated
di IIX, sementara client nya adalah di seluruh Indonesia yang hanya
membutuhkan akses IIX menuju ke server pusat nya.

Sebaliknya dalam skema Terminasi , masuknya traffic IP voice dari luar
negeri akan menuju server di Indonesia melalui jaringan international,
sementara distribusi nya ke daerah akan memerlukan akses IIX.

Maka target sasaran nya adalah perusahaan ITKP ( Internet Telephoni untuk
Kepentingan Publik ) yang menyelenggarakan Originasi maupun Terminasi.

Dalam jangka masa depan, akses IIX juga akan dibuat untuk membangun
infrastruktur 4G.

1G adalah layanan voice, 2G adalah layanan voice dan data sms, 2,5G adalah
layanan voice, sms dan data di 153 kbps, atau gprs, sedangkan 3G adalah
layanan voice, sms, data sampai saat ini dicoba 384 kbps, sementara ada
3,5G kecepatan data telah di angka 2 mbps.

4G adalah kecepatan data berbasis 802.11b yang 11 mbps bahkan 802.11g yang
54 mbps dan untuk masa depan 802.11n yang 115 mbps. Nantinya akan
bermunculan ( bahkan saat ini sudah ada di kelas premium handset) yaitu
Personal Computer Handset yang dapat mengaplikasi wifi dan voip client (
x-lite maupun software lain nya ) dan karena berbasis IP maka komunikasi
voice ini tetap dinamakan VOIP.


V.Video Conferencing

Akses melihat visual ini memerlukan bandwith besar yang langsung point to
point, sehingga tidak diperlukan akses international terutama jika video
conferencing ini dilakukan antar cabang dalam wilayah Indonesia. Untuk itu
hanya diperlukan akses IIX saja.

Target pasarnya adalah perusahaan multinasional dan oil company yang
membuthkan cutting cost dalam temu muka antar eksekutif nya.

Walaupun market nya belum jelas akan tetapi dapat di create market dengan
penawaran solusi integrasi yang sekiranya dapat bermanfaat.


VI.Perbankan

Bank Indonesia telah akan menerapkan sistem real time report, yang
mengharuskan Bank di bawah pengawasan nya dapat secara langsung melakukan
BI check ( pengawasan nama sesorang apakah dia masuk black list atau tidak
) serta laporan proforma dan kinerja perusahaan baik CAR ( Capital Asset
Ratio ) maupun laporan buruk dari NPL ( non performing loan )

Akses ke BI di Jakarta tentunya akan memerlukan akses IIX, dan target

pasarnya masih besar terutama para BPR ( Bank Perkreditan Rakyat ) dan
beberapa Lembaga Keuangan Bukan Bank yang harus dilikuidasi dan harus
berpindah menjadi BPR atau masuk ke wilayah Leasing Company.


Adhytia Wisnu Sasmita

Selasa, 18 September 2007

WarNET dengan 40 PC

WarNET dengan 40 PC

Biaya Investasi :

  1. 40 PC @ Rp 2.000.000,- x 40 = Rp 80.000.000,-
  2. Dua Switch 24 port @ Rp 1.000.000,- x 2 = Rp 2.000.000,-
  3. Dua box kabel UTP Belden @ Rp 800.000, x 2 = Rp 1.600.000,-
  4. Connector + Crimping Tools = Rp 200.000,-
  5. Ubuntu Linux = Rp Gratis / Free
  6. Billing Warnet IndoBilling unlimited user = Rp 3.000.000,-
  7. 40 Meja dan Kursi @ Rp 500.000,- x 40 = Rp 20.000.000,-
  8. Biaya instalasi per titik @Rp 100.000,- x 40 = Rp 4.000.000,-

Total Investasi = Rp 110.800.000,-

Biaya Investasi belum termasuk pekerjaan interior, instalasi AC, sewa tempat dan pekerjaan civil engineering lain nya


Biaya Operasional Bulanan

  1. Gaji Karyawan 5 orang @Rp 500.000,- x 5 = Rp 2.500.000,-
  2. Biaya Listrik = Rp 5.000.000,-
  3. Bandwith Speedy 384 kbps Unlimited Warnet = Rp 1.500.000,-
  4. Maintenance alat, mouse, keyboard = Rp 200.000,-
  5. Promosi brosur dan leaflet = Rp 500.000,-

Total Biaya Bulanan = Rp 9.700.000,-


Estimasi Pendapatan

Jika jam beroperasi 24 jam, dengan okupansi minimal per 1 PC adalah 10 jam, dan harga jual umum adalah Rp 3.000,- per jam.

40 x 10 jam x Rp 3.000,- = Rp 1.200.000,- per HARI
40 x 10 jam x Rp 3.000,- x 30 hari= Rp 36.000.000,- per BULAN


Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

Instalasi WIFI ( Wireless Fidelity )

Instalasi WIFI ( Wireless Fidelity )
sederhana menggunakan frekwensi 2,4 Ghz

Oleh : Adhytia Wisnu Sasmita

Pendahuluan

WIFI atau wireless fidelity dikenal sebagai sambungan data yang berjalan di media udara atau tanpa kabel sehingga disebut sebagai wireless. Berjalan di frekwensi radio 2,4 Ghz yang free licensed band ataupun frekwensi 5,8 dan 5,7 Ghz yang licensed band.

Licensed artinya penyelenggara harus mempunyai ijin dan diatur oleh pemeribntah alokasi channel nya, dalam hal ini yang berwenang adalah balai monitoring direktorat jendral pos dan telekomunikasi departemen komunikasi dan informasi republik Indonesia.

Teknologi

WIFI terdiri dari dua komponen utama sebagaimana prinsip kerja radio. Yaitu adanya pemancar dan adanya penerima. Pemancar di beri istilah Access Point ( AP ) sedangkan penerima diberi istilah Client.

Solusi terjangkau

Dalam skala ekonomis, di Indonesia biasanya AP Indoor dibuat jadi Outdoor ( dapat digunakan di luar berpanas matahari dan kena hujan ) dengan cara dimasukkan ke Box Panel listrik yang kemudian dinamakan juga box panel radio.

Yang perlu diperhatikan adalah AP Indoor jika dimasukkan ke box panel ini akan menggugurkan garansi dari toko atau produsen karena tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Product Indoor memang untuk diletakkan dalam ruangan sedangkan outdoor dapat diletakkan di luar ruangan kena panas dan hujan.
Di Indonesia supaya ekonomis banyak orang yang mengakalinya dengan menggunakan AP Indoor tapi dimasukkan ke Box Panel Listrik atau Box Panel Radio, walaupun solusi ini sebenarnya tidak disarankan sebagai solusi yang baik.

Pemancaran Jarak Jauh
Dalam solusi jarak jauh, maka antenna standard  sudah tidak memadai lagi, untuk itu diperlukan antenna tambahan sebagai berikut :

Antenna Grid

Antenna Sectoral ( untuk pemancaran 90 derajat )

Alokasi Channel
Dalam standard US ada 11 channel, standard Eropa ada 13 channel dan standard Jepang ada 14 channel, yang kenaikan masing masing chennal nya adalah per 10 Mhz.

Alokasi Channel tambahan
Dalam standard Rusia bisa menjadi 28 channel karena kenaikan channel per 5 Mhz, untuk itu disebut super channel. Dan perangkat radio yang mendukung untuk itu hanyalah Mikrotik dari Latvia www.mikrotik.com


Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

MultiPlayer Game dengan 40 PC

MultiPlayer Game dengan 40 PC

Biaya Investasi :

  1. 40 PC Multimedia @ Rp 7.000.000,- x 40 = Rp 280.000.000,-
  2. Dua Switch 24 port @ Rp 1.000.000,- x 2 = Rp 2.000.000,-
  3. Dua box kabel UTP Belden @ Rp 800.000, x 2 = Rp 1.600.000,-
  4. Connector + Crimping Tools = Rp 200.000,-
  5. 40 Windows XP aseli @ Rp 700.000,- x 40 = Rp 28.000.000,-
  6. Billing Warnet IndoBilling unlimited user = Rp 3.000.000,-
  7. 40 Meja dan Kursi @ Rp 500.000,- x 40 = Rp 20.000.000,-
  8. Biaya instalasi per titik @Rp 100.000,- x 40 = Rp 4.000.000,-

Total Investasi = Rp 338.800.000,-

Biaya Investasi belum termasuk pekerjaan interior, instalasi AC, dan pekerjaan civil engineering lain nya


Biaya Operasional Bulanan

  1. Gaji Karyawan 5 orang @Rp 500.000,- x 5 = Rp 2.500.000,-
  2. Biaya Listrik = Rp 5.000.000,-
  3. Bandwith IIX 512 kbps = Rp 6.000.000,-
  4. Maintenance alat, mouse, keyboard = Rp 200.000,-
  5. Promosi brosur dan leaflet = Rp 500.000,-

Total Biaya Bulanan = Rp 14.200.000,-


Estimasi Pendapatan

Jika jam beroperasi 24 jam, dengan okupansi minimal per 1 PC adalah 10 jam, dan harga jual umum adalah Rp 3.000,- per jam.

40 x 10 jam x Rp 3.000,- = Rp 1.200.000,- per HARI
40 x 10 jam x Rp 3.000,- x 30 hari= Rp 36.000.000,- per BULAN


Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

HGC bukan HCG

kalau bicara sejarah menarik
http://www.hgc.com.hk/
HGC bukan HCG

tapi aselinya HGC whampoa yang punya pelabuhan atau port, ujung2nya Li
Ka Sing...

yang punya pelabuhan selain bisa jadi mendarat kapal kan bisa jadi
mendaratnya kabel submarine fibre optic...

Nah untung nya dia nggak punya pelabuhan disini ( jelas aja yg punya
Pelindo ) dan siapa yg punya SKKL kabel laut disini kalau bukan
Indosat...

coba traceroute ke yahoo jika anda pakai indosat, kan ada pccwbtn
nya...di salah satu hop..

ini sejarah lagi...
btnaccess milik pccw
pacific cyber works
itu ya ujung2nya ke HGC

bingung saya...hehehe.... udah ah...

Meningkatkan fungsi web komersial

Menurut Riset International Data Corporation pengguna internet di Asia Pasifik saja mencapai 18 juta pada tahun 1999 dan diproyeksikan akan melonjak menjadi 57,5 juta pada tahun 2003. Transaksi yang terjadi sebesar 2 milliar dollar AS dan akan melesat menjadi 32,5 milliar dollar AS pada tahun 2003.

Di Indonesia, menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pengguna internet akan berjumlah 5 juta pada tahun 2002. Data-data tersebut haruslah menjadi acuan bagi pihak penentu keputusan dalam Perusahaan untuk berpromosi.

Dengan makin banyaknya pengguna internet maka makin banyak pula pemasang situs Web di Internet. Begitu banyaknya situs Web yang ada sehingga tidak dapat kesemuanya dikunjungi oleh pengguna internet. Situs Web yang sepi pengunjung sering diakibatkan karena pembuat situs Web lebih sering memikirkan design dan teknologi yang mereka buat daripada memasarkan situs Web tersebut ke pengguna internet lainnya.

Secara umum, proses pembuatan situs Web yang baik adalah dengan adanya kerja-sama yang saling mendukung antar 3 unsur. Yaitu designer, programmer dan marketer/administrator.

  • Designer adalah orang yang dapat menyampaikan image suatu usaha atau seseorang dalam bentuk grafis/gambar atau animasi. Grafis ini merupakan perwakilan nuansa dari pemilik situs Web secara keseluruhan. Jadi seorang designer harus dapat menterjemahkan apa yang diinginkan pemilik situs Web (dari wawancara atau tulisan) ke dalam bentuk visual.
  • Programmer adalah orang yang bertanggung-jawab dalam menjalankan program-program yang ada dalam web site, sebagai misal guestbook, counter, form aplikasi, reservation dan lain sebagainya. Susunan komposisi web yang telah dibuat oleh designer dijalankan dengan baik oleh programmer. Maka designer dan programmer dapat dianggap sebagai suatu kelompok/tim produksi.
  • Marketer dibutuhkan karena mengisi kekosongan yang tidak dapat dilakukan baik oleh designer maupun programmer. Sebab seorang designer, karena ia orang yang berlatar belakang seni, lebih dapat ber”bicara” dalam bentuk visual, sedangkan programmer sebagai orang yang berlatar belakang teknik lebih banyak dapat ber”bicara” dalam bahasa program yang sulit dimengerti. Dibutuhkan seseorang yang menguasai “Bahasa Populer” baik Inggris maupun Indonesia untuk memberikan informasi kepada para Netter di seluruh dunia dengan bahasa yang mudah dipahami.

Satu hal yang sering dilupakan oleh pemilik web site adalah; kecepatan respon terhadap email atau tanggapan yang masuk. Sering pengunjung siotus Web mengirim email atau mengisi guestbook tetapi tidak kunjung mendapat tanggapan dari pemilik situs tersebut. Atau kalaupun ada tanggapan tetapi bersifat lama/terlambat. Hal ini harus diperbaiki oleh pemilik web site. Kecepatan respon merupakan syarat mutlak bagi keseriusan kita berbisnis dalam web.

Kegiatan standar/baku yang harus dilakukan oleh Marketer adalah:

  • Mendaftarkan web site pada seluruh search engine yang ada,
  • Rajin mengikuti mailing list yang berhubungan dengan produk,
  • Aktif dalam newsgroup dan rajin membalas setiap email yang masuk dan
  • Rajin membalas tanggapan dari guestbook pengunjung.

Manusia adalah mahkluk sosial dan itu merupakan kodrat yang tidak dapat diingkari. Manusia tidak dapat hidup sendiri, oleh karenanya situs Web yang merupakan buatan manusia pun tidak dapat berdiri sendiri. Kemauan untuk menjalin kerja-sama dengan web site lain sangat diperlukan dalam menunjang kesuksesan suatu web site. Dengan memasang banner pada web site lain yang lebih besar dan banyak pengunjungnya dan dapat di-link ke tempat web site anda akan sangat membantu meningkatkan jumlah pengunjung pada web site anda. -

Perbandingan Internet

Perbandingan Internet

Di Amerika berlangganan internet cable dengan bandwith rata rata 5,7 mbps harga $42 , berlangganan dial up dengan bandwith 56 kbps ( tentu saja modem maksimum di 56 ) harga $22, dengan DSL (seperti speedy) dengan bandwith 2,9 mbps harga $32 , ada pula fixed wireless dengan bandwith 1,6 mbps harga $43, layanan yang lebih baik adalah berasal dari fibre optic dengan bandwith 9,6 mbps harga $36 dan satellite dengan bandwith 720 kbps harga $63.

Kesemua harga di atas adalah harga per bulan.

Tidak kesemua area tersedia layanan di atas kecuali satellite bisa menjangkau seluruh wilayah, jadi tergantung lokasi dan area masing masing.

Tapi yang menarik kesemuanya under $100 !!

Ada yang ketinggalan satu yaitu internet melalui cellphones….atau cellular…..rata rata speed bandwith 128 kbps sampai 700 kbps dengan harga rata rata antara $60 sampai $80 per bulan. Jarang yang menggunakan ini kecuali mungkin profesional.

Bagaimana dengan di Indonesia ?

Usaha menengah di Indonesia menurut data kementrian koperasi ada 67 ribu di tahun 2005, ini yang sekiranya akan mampu membeli internet unlimited dengan daya beli 200 ribu rupiah maka akan menghasilkan pembelian sebesar 13.400.000.000 rupiah atau setara dengan $ 1.456.521 jika asumsi seperti harga SCPC 1 mbps simetric nya adalah

$ 6000 maka akan mendapatkan bandwith sebesar 242 mbps, sehingga masing masing dari 67 ribu usaha tersebut hanya kebagian 3,6 kbps unlimited. Mungkin hanya cukup untuk check email ya ?

Jika kita lipatkan lima atau dianggap sama dengan $100 maka bandwith rata rata unlimited yang dapat dinikmati adalah 18 kbps.

Saya kira dengan optimized proxy atau harga beli bandwith yang lebih rendah karena berjumlah banyak, maka mencapai tujuan rata rata 64 kbps unlimited bagi setiap user adalah mudah. Banyak ahli di ISP dan NAP untuk mengatasi hal ini. Belum lagi jika lebih mendayagunakan IIX untuk komunikasi saling antar usaha. Akan lebih banyak bandwith yang bisa di hemat.

Kemudian yang bisa kita hitung jika 67 ribu usaha tersebut membutuhkan website, katakan website statis template dengan harga 500 ribu rupiah, maka akan ada kue belanja website sebesar 33.500.000.000 rupiah, atau 33 milyar.

Jika masing masing usaha menengah tersebut membutuhkan software keuangan, neraca ataupun akuntansi sederhana yang berharga 1 jutaan, maka akan ada kue belanja software neraca sebesar 67.000.000.000 rupiah atau 67 milyar.

Jika masing masing usaha tersebut membutuhkan jasa web hosting untuk menaruh website nya dan email nya dengan belanja per tahun 300 ribu rupiah , maka akan ada pasar belanja hosting sebesar 20.100.000.000 rupiah atau sekitar 20 milyar per tahun.

Yang spektakuler tentu saja jika 67 ribu usaha ini paling tidak punya 5 pc dan masing masing pc ter install Windows XP yang harganya $80, wah males ngitung deh…J

Salam

Adhytia Wisnu Sasmita

NB : tepatnya sih Rp. 234.500.000.000,- alias 234 milyar….Om Bill tajir euy…!!

Mensiasati Push Email

Mensiasati Push Email

Banyak operator seluler menawarkan layanan push email, baik dengan nama ventus ataupun blackberry.

Push email sendiri adalah layanan email yang secara otomatis masuk ke mailbox di handphone kita tanpa di minta ( get messages )

Sayang nya harga paket baik corporate maupun personal tidaklah murah dan masih sulit terjangkau oleh sebagian pelanggan seluler.

Berikut ini adalah suatu cara untuk paling tidak menyamai layanan push email dan dapat mendukung aktifitas anda baik bisnis maupun non bisnis.

Pertama kita harus mencari layanan email pop3 yang sangat baik dengan syarat sebagai berikut :

  1. Menyediakan mailbox pop3 dan layanan email keluar smtp
  2. Tidak tergantung dengan provider tertentu ( dimana email gratis telkom.net tidak dapat digunakan karena smtp nya dipaksa hanya bisa lewat jika melalui jaringan telkom.
  3. Tersedia layanan anti spam dan anti virus
  4. Reliable dan terpercaya.

Kami memilih email yahoo indonesia yaitu dalam hal ini adalah yahoo.co.id. ingat bukan yang yahoo.com .

Email ini dapat di register di mail.yahoo.com asal jangan lupa ketika mendaftar pilihlah regional Indonesia.

Yang terpenting dalam pemilihan ini adalah karena smtp nya dapat digunakan menggunakan akses internet apapun, walau dengan beberapa setting khusus untuk itu.

Email yahoo.co.id dapat menggunakan pop3 dan smtp. Pop3 yahoo.co.id berlaku umum di port 110 sedangkan smtp nya di port 587 dan juga harus menggunakan authentifikasi username dan password yang sama dengan pop3 nya.

Maka setelah mengaktifkan gprs atau 3g di handphone anda, tidak lupa mendaftarkan nomor tersebut ke layanan gprs dan 3g. Maka lakukan setting di mailbox email handphone sebagai berikut :

Nama : nama anda

Email : namaanda@yahoo.co.id <ß ini sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya

Incoming mail : pop.mail.yahoo.co.id

Username : namaanda

Password : isikan password anda

Port : 110

Outgoing mail : smtp.mail.yahoo.co.id

Username : namaanda

Password : namaanda

Port : 587

Maka anda akan segera dapat menggunakan layanan pop3 dan smtp email secara gratis.

Lalu dimana kesamaan fungsi dari push email ?

Rahasianya terletak pada pengaturan interval checking…

Gunakan check email every 10 minutes (misalnya yang kami coba)

Maka secara otomatis tiap 10 menit akan checking email, dan akan berasa seperti push email.

Biaya gprs atau 3g masing masing operator tidaklah sama rata rata berkisar antara Rp 10 sampai dengan Rp 15 per kb.

Kami coba kirim email menggunakan kartu as, dan bisa di check data transaksi terakhir hanya menghabiskan Rp 72

Jauh lebih murah daripada sms yang Rp 299

Jika system ini digabungkan dengan mailing list, misalnya yahoogroups, maka akan sangat fungsional sekali.

Kami sebagai konsultan mempunyai contoh cerita sebagai berikut:

Mailing list kantor internal telah kami buat, yang beranggotakan internal kami team konsultan.

Suatu saat kami mempunyai masalah di plant tour, saat itu juga kami menulis email ke mailing list internal, dalam jarak ratusan kilometer dari tempat kami berdiri, maka team think thank di kantor mencarikan data dan solusi nya, dikirim balik ke mailing list.

Tidak lama dan tidak terasa otomatis 10 menit berikutnya sudah ter download di handphone kami langkah langkah solusi nya. Dan langsung kami aplikasikan dan Alhamdulillah berhasil.

Kesemuanya diatas dengan biaya yang terjangkau menggunakan kartu as (tidak harus kartu pasca bayar yang mahal ) dan handphone K610i atau sebenarnya dengan yang lebih murah juga bisa, asalkan mendukung gprs dan ada fasilitas mailbox email nya.

Kami kira hal ini tentunya dapat juga diterapkan dengan menggunakan kartu lain dalam lingkup second level citizen card sebagai misal, as, jempol, dan im3 ( mungkin hanya mentari yang belum bisa )

Silahkan mencoba J

Salam hormat

Adhytia Wisnu Sasmita

10 ribu

10 ribu

Sepuluh ribu rupiah……………

Kalau untuk beli dji sam soe filter maka ada kembalian 3 ribu….

Untuk beli mie goreng bakul yang di dorong kira kira dapat dua bungkus….

Kalau bayar tol surabaya – gresik utk pulang pergi….

Itu langsung habis dan lenyap uang nya………..

Bagaimana kalau sepuluh ribu per bulan ?

Apakah anda keberatan sebagai orang tua murid ditarik sekolah 10 ribu per bulan untuk anak anda ? anda keberatan ? untuk apa ?

Kalau anak anda masih SD, mungkin jumlah total murid hanya 400, maka terkumpul uang 4 juta….

Cukup buat bayar speedy bagi sekolah, bahkan lebih cukup sisanya untuk biaya jasa maintenance….

Kalau siswa 1000 maka terkumpul 10 juta perbulan …cukup kiranya buat bayar bandwith 256 kbps fibre optic….

Kalau di daerah ya terpaksa astinet digabung dvb………

Ber internet bergantian…..

Kalau jumlah pc nya hanya 20 maka 1000 siswa masing masing secara bergantian kebagian per siswa 5 jam…..

Bisa apa dengan 5 jam ? 1 jam 15 menit per minggu….

Ajari anak dengan email…..ini adalah alat berkomunikasi jarak jauh…

Melatih kemampuan menulis…..dan membaca…..

Kasih tugas MIRC ….lucu ? belum tentu…..dengan mengumpulkan 3 kawan chat dalam seminggu maka anak akan terbiasa berkomunikasi dengan tulisan….

Hukum kekekalan energi….banyak pemasukan banyak pengeluaran….

Banyak menulis banyak membaca….banyak membaca banyak menulis…..

Sepuluh ribu rupiah………..

Anda mau ?

Salam

Adhytia Wisnu Sasmita